Mengintip Pesona Kampung Adat Ratenggaro Sumba Yang Kaya Budaya

Pulau Sumba, NTT tidak hanya menawarkan keindahan alam yang begitu memukau tetapi juga menawarkan wisata budaya yang tak kalah menarik. Menjelajah pulau Sumba sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang tinggi. Dan pastinya liburan kamu akan menjadi liburan yang tidak terlupakan. Berkunjung ke Sumba, jangan sampai melewatkan wisata budaya di Kampung Adat Ratenggaro yang sangat menawan. Simak ulasannya.

Menyusuri Gerbang Waktu Ke Masa Lampu Di Kampung Adat Ratenggaro

Ketika kamu menginjakkan kaki di desa adat satu ini, kamu seakan di bawa ke zaman megalithikum pada 4.500 tahun lalu. Kamu masih bisa menemukan kuburan batu tua di sekitaran kampung satu ini. Karena desa satu ini hingga kini masih memegang teguh tradisi dan adatnya. Tradisi yang dipegang oleh masyarakat di desa ini adalah tradisi Marapu yang juga bisa kamu temui di kampung kampung di daerah Sumba Barat Daya lainnya.

berkuda di kampung adat ratenggaro

Nama kampung Ratenggaro sendiri berasal dari kata Rate yang artinya Kuburan sementara Garo berarti orang orang Garo. Konon pada zaman dahulu ketika terjadi perang antar suku, suku yang kalah akan dibunuh dan dikubur pada tempat tersebut. Terlepas dari kuburan batunya yang terbilang misterius, Kampung Ratenggaro memiliki banyak keunikan dan daya tarik tersendiri. Kampung adat ini memiliki rumah adat yang sangat unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Rumah adat dengan menara menjulang yang ketinggiannya mencapai 15 meter. Pada bagian atap menggunakan bahan jerami. Tinggi atau rendahnya atap ini dibuat berdasarkan status sosial pemilik rumah. Selain rumah adat yang ditinggali oleh warganya, terdapat juga empat rumah khusus yang dianggap sakral. Empat rumah ini berdiri berhadapan mewakili empat penjuru mata angin. Dimana masing masing rumahnya juga memiliki simbol tersendiri.

Kampung Adat Ratenggaro Miliki Pemandangan Memukau Yang Tak Bisa Dilewatkan

Pengunjung yang mengunjungi kampung Adat Ratenggaro ini bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Salah satunya bisa memasuki salah satu rumah adat yang dinamakan Uma Kelada. Di dalam bangunan ini kamu bisa melihat ruangan hingga struktur bangunannya lebih jelas lagi. Masyarakatnya yang ramah membuat kamu bisa menggali banyak informasi yang menarik. Terutama tentang adat serta budayanya yang masih terjaga hingga kini.

view atas kampung adat ratenggaro

Bukan hanya kaya akan budaya dan tradisi, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang menawan. Tak jauh dari kampung ini terdapat pantai yang dinamakan Pantai Ratenggaro. Bahkan dari kampung ini kamu sudah bisa melihat keindahan dari pantai yang masih asri tersebut. Pantainya yang masih alami serta bersih berpadu dengan garis pantai panjang yang mengagumkan. Airnya yang jernih dengan pasir putih adalah perpaduan yang pas.

Di pantainya, kamu juga bisa menemukan makam makam batu dengan pahatan. Selain bisa mengunjungi pantai, aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah berkuda. Kamu bisa menyewa kuda dengan harga yang bervariasi. Tak jarang banyak yang juga memakai baju adat Sumba untuk kemudian berkuda. Tentunya akan menghasilkan foto yang keren. Apalagi pemandangan sekitarnya yang juga mendukung untuk berswafoto atau berburu landscape.

Untuk menuju kampung ini, kamu tidak bisa menggunakan kendaraan umum. Akan lebih mudah jika kamu menggunakan jasa travel untuk mengeksplore keindahan kampung adat ini. Alam Indonesia menjadi salah satu jasa travel yang siap untuk mendampingi liburan seru kamu. Sudah berpengalaman di bidangnya terutama untuk liburan ke Sumba akan sangat membantu kamu. Untuk bisa mengintip paket wisata yang dimiliki kamu bisa langsung menuju alamindonesia.co.id.

Author