Air Terjun Lapopu, Air Terjun Tertinggi di Sumba Yang Jernih dan Biru

Alam yang dimiliki oleh Indonesia, memang seakan tidak pernah puas untuk memberikan keindahan pada penghuninya. Ketika kamu berkunjung ke ujung timur Indonesia, tepatnya di Sumba NTT. Kamu akan disuguhkan dengan alamnya yang begitu indah dan mempesona. Salah satu destinasi wisata alam yang akan membuat kamu terbius adalah Air Terjun Lapopu yang menjadi air terjun paling tinggi di Sumba. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Mengintip Kemolekan Air Terjun Lapopu Paling Tinggi Di Sumba

Air terjun yang terkenal tertinggi ini berada di kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan juga Manalawa Pulau Sumba. Memiliki ketinggian 90 meter, air terjun ini begitu unik dan berbeda dari lainnya. Lapopu merupakan air terjun bertingkat sebelum akhirnya menyentuh kolam alaminya. Tidak seperti air terjun yang langsung turun dari ketinggian secara lurus. Kini Lapopu menjadi air terjun yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Kolam Air Terjun LapopuLapopu menawarkan suasana alam yang masih terjaga dan juga asri. Membuat pengunjung bisa betah berlama lama untuk menghabiskan waktu di tempat satu ini. Belum lagi airnya yang jernih bahkan terkesan bewarna tosca yang juga menjadi daya tariknya. Pengunjung bisa berenang di kolam alami yang terbentuk di bawahnya. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, Lapopu juga menjadi sumber air untuk menggerakkan pembangkit listrik Tenaga Mikro.

Sumber air terjun satu ini didapatkan dari lubang goa yang masih terjaga kebersihannya. Mengunjungi air terjun ini kamu bisa menikmati keindahannya dengan puas. Mengambil banyak foto untuk kemudian di upload di media sosial. Sebenarnya Lapopu juga terkenal lantaran foto fotonya yang bertebaran di media sosial. Suasana alam sekitarnya yang masih asri juga turut mendukung keindahannya. Air Terjun Lapopu tidak boleh kamu lewatkan ketika ke Sumba.

Perjalanan Panjang yang Akan Terbayar Lunas Dengan Keindahannya

Untuk menuju air terjun eksotis ini,kamu tidak bisa menggunakan kendaraan umum. Rata rata memilih untuk menyewa kendaraan. Perjalanan pertama akan dimulai dengan menuju Wikabubuk atau Tambolaka terlebih dahulu. Dari lokasi ini masih harus menempuh sekitar 30 km dengan akses yang menantang. Kamu akan menemukan jalanan yang belum di aspal dan juga tidak ada rambu rambu. Sehingga lebih baik mengajak warga lokal untuk menuju Lapopu.

Jembatan Air Terjun LapopuBegitu sampai di pintu masuknya, kamu harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Bisa dikatakan jika akses menuju wisata alam ini memang belum memadai. Namun begitu kamu tiba di objek wisata cantik ini, sudah ada fasilitas pendukung yang terbilang lengkap. Seperti toilet maupun tempat untuk mengganti pakaian bisa kamu temukan. Dari pos penjaga, kamu masih membutuhkan perjalanan 500 m lagi.

Medan yang harus kamu tempuh terbilang terjal dengan be-batuan yang menurun. Nantinya juga akan melewati jembatan kayu sederhana. Hanya diperbolehkan 2 orang saja untuk menyusuri jembatan tersebut. Setelah perjalanan yang cukup menantang ini, rasa lelah kamu akan dibayar dengan keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Lapopu ini. Bahkan untuk menjangkau-nya kamu bisa langsung berenang di airnya yang jernih.

Sumba memang selalu memberikan keunikan dan keindahan yang akan memuaskan wisatawan. Hanya saja beberapa tempat wisata belum mudah untuk diakses. Akan lebih mudah jika kamu menggunakan jasa perjalanan atau travel. Alam Indonesia bisa kamu jadikan partner perjalanan kamu. Sumba NTT sudah menjadi tujuan yang banyak dilakukan jasa tour satu ini. Lebih jelasnya kamu bisa langsung mengunjungi websitenya di alamindonesia.co.id.

Author