Detil Jadwal Trip

⇐ Back

OPEN TRIP SUMBA 4D3N
Tanggal trip : 01 - 04 Mar 2018
Harga : Rp. 2.900.000,00 /pax
Deskripsi

TRIP SUMBA - Selamat datang di Pulau Sumba, pulau yang masih sangat terjaga semua keasliannya. Mulai dari budaya dan alamnya. Sayang pulau ini kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia sendiri. Banyak orang pribumi lebih mengira Sumba adalah Sumbawa. Padahal dari Provinsi sudah beda. Sumba berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sedangkan Sumbawa berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Emang sih Sumba tidak setenar pulau tetangganya seperti Pulau Komodo dan Pulau Lombok maupun Sumbawa. Tapi Sumba memiliki sesuatu yang khas dibanding pulau tetangga tersebut. Pulau ini merupakan pulau sendiri dan tidak ada akses darat dari pulau tetangga.

Bukan hanya tingkat popularitas Pulau Sumba yang mungkin tidak setenar pulau-pulau wisata lainnya, tapi juga minimnya sumber informasi untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Sumba. Hal ini menjadikan semangat kami untuk memulai mengeksplore kecantikan Pulau Sumba.

trip sumba

Perjalanan ke Sumba dari Jakarta akan melalui penerbangan transit dari Denpasar, Bali kemudian dilanjutkan penerbangan selama 1 jam menuju Tambaloka, Sumba Barat Daya.

Setibanya di Bandara kami langsung disambut oleh Bang Ajes, driver kami selama di Sumba dan juga ditemani team alamindonesia sebagai tour guide kami selama di Sumba.

Destinasi hari pertama yaitu, Kampung Adat Ratenggaro. Letaknya 2 jam dari bandara dan menuju ke barat. Kampung ini dijadikan kawasan wisata karena kampung ini berhadapan langsung dengan laut. Dan di kampung ini juga terdapat kuburan-kuburan kuno khas Sumba yang dibuat dari batu yang dipahat.

Rumah di kampung Ratenggaro masih sangat asli dengan atap runcing dan dinding dibuat dari bambu. Rumah 3 tingkat dan beda fungsi dalam tingkatan itu. Tingkat pertama di jadikan kandang. Tingkat kedua sebagai ruang utama untuk beraktivitas. Tingkat ke tiga untuk menyimpan barang-barang leluhur serta bahan pangan.

Bukan hanya alam yang begitu indah, anak-anak Sumba hidup dengan penuh keceriaan. Mereka belum mengenal kecanggihan teknologi, tapi mereka bisa lebih bahagia dengan cara bercengkrama dengan alam dan teman sebaya. Kalian akan merasakan kembali hidup di tahun 90an.

Setelah dari sini kami melanjutkan perjalanan ke ke barat lagi sekitar 1 jam menuju salah satu pantai yang hits di Sumba yaitu Pantai Mbawana. Pantai yang memilika karang tebing yang unik dan view sunset yang keren. Sepertina saat ini cuaca memang sedang tersenyum menyambut kedatangan kita.

Sunsetpun sudah mulai menggelap saatnya melanjutkan perjalanan menuju ke hotel untuk istirahat dan mempersiapkan untuk trip di hari kedua.

trip sumba

Oke next di hari kedua ini kami melanjutkan perjalanan masih di kawasan Sumba Barat Daya, yaitu menuju Weekuri Lagoon. Telaga ini merupakan telaga air asin yang masuk melalui celah-celah karang. Hasilnya seperti yang dikenal sebagai lagoon ini. Akses menuju kesini agak sedikit extrim sih. Tapi menurut kami ini bumbu perjalanan kami. Yang jadi daya tarik utama dari Weekuri Lagoon ini adalah kejernihan airnya. Layaknya kaca, air di Weekuri Lagoon ini dijamin bening dan pasti akan menggugah niatmu untuk berenang di sana.

sumba trip

Setalah selesai menikmati alam di Weekuri Lagoon, kami melanjutkan perjalanan menuju Sumba Barat. Lumayan panjang perjalan kali ini. 3 jam coy. Pertama kita menuju Kampung Adat Prai Ijing. Secara budaya sih tidak jauh berbeda semua adat di Sumba. Semua menganut agama Marapu, agama asli sumba. Disini kita hanya melihat pemandangan yang berbeda. Sebelumnya di Kampung Adat Ratenggaro disuguhkan dengan pemandangan pantai. Sedangkan di kampung ini kami disuguhkan pemandangan bukit sejauh mata memandang.

explore sumba

Tidak jauh dari sini kita menuju ke Air Terjun Lapopu. Air terjun ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Menepue Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (MataLawa). Lapopu berbeda dengan air terjun lainnya, dimana air terjun ini bertangga-tangga, kemudian membentuk tangga-tangga sebelum sampai di kolamnya. Tinggi air terjun ini 90 meter, merupakan air terjun tertinggi di NTT.

open trip sumba

Hari semakin sore setelah menikmati air terjun lapopu, kami mencari spot sunset. Ada dua pilihan spot sunset di sumba barat yaitu pantai watubela dan bukit bondosula. Kalau di hari pertama sudah menikmati sunset di pantai mbawana, kali ini kami ajak sunset di bukit bondosula. Supaya tidak pantai melulu hehehehe….

overland sumba

Perjalanan dilanjutkan malam hari menuju hotel di sumba timur. 3 jam meeeeeen. Ya namanya overland, harus berpindah-pindah untuk mengirit waktu.

Nah di hari ketiga ini perjalanan kita akan di suguhkan dengan pemandangan bukit yang tak ada habisnya. Kerena sumba timur terkenal dengan bukit dan savana.

Tujuan pertama di sumba timur adalah bukit wairinding. Siapa sih yang gak tau bukit ini. Siapapun yang datang ke sumba timur, wajib menginjakan kaki disini. Kenapa? Mungkin ini adalah bukit hitzz yang pernah dijadikan lokasi shoting film Pendekar Tongkat Emas. Sumba timur sepertinya menguasai semua musim. Loh kok gitu? Jadi begini, jika kalian datang di musim kemarau, bukit berwarna kuning membuat suasana seperti di benua afrika. Jika kalian datang setelah musim penghujan, bukit berwana hijau seperti kita sedang berada di new zealand.

open trip sumba

Sok banget gue ngomong gitu, kayak pernah ke new zealand n afrika ajeeee lu tooong xixixixixixi…

Selain itu ada banyak anak-anak lokal yang bermain di sekitar area perbukitan. Mereka juga akan senantiasa menemani setiap para pengunjung yang datang ke bukit ini dengan rasa antusiasnya. Tentunya hal itu mereka lakukan dengan tulus tanpa mengharapkan imbalan sedikitpun dari para pengunjung. Senyuman di wajah mereka yang sangat khas akan meninggalkan sebuah kesan mendalam dibenak para pengunjung, dan tentunya akan sulit terlupakan.

explore pulau sumba

Da..da..adik-adik wairinding, next kita bakal kembali lagi.

 

Setelah dari sini kami melanjutkan ke bukit lagi. Nah bukit ini emang jauh. 3 jam perjalanan. Klo menurut banyak orang bukit wairinding keren, menurut saya bukit selanjutnya ini lebih keren. Yaitu bukit tanarara. Bukit yang terletak di atap pulau sumba. Tanarara sendiri berarti tanah merah. Karena sebagian besar tanah berwana merah di lokasi tersebut.

Belum banyak traveler yang datang ke tempat ini, jadi kurang terekspose. Tidak hanya bukit sebenarnya yang ada di tempat ini, deretan air terjun pun mengantri untuk disinggahi. Tapi karena durasi 4 hari 3 malam tidak memungkinkan untuk kita berkunjung ke air terjun. Selain terkendala waktu, medan treking nya cukup panjang.

open trip sumba

Karena tujuan kami selanjutnya adalah menikmati sunset di pantai walakiri, jam 2 siang kita harus segera bergegas menuju ke pantai walakiri. Perjalanan 2,5 jam hehehehe…

Inilah pantai walakiri. Sepintas pantai Walakiri sama dengan pantai lainnya. Hamparan pasir putih membentang. Deretan pohon kelapa dan cemara di pinggirnya, berpadu dengan pasir putih dan birunya laut. Di sebelah barat ada rumpun pohon bakau (mangrove).

Saat air laut naik, pemandagan di Walakiri tidak begitu indah. Lain dengan saat air laut surut.

Saat sore hari, air mulai surut. Hingga menjelang sunset, pemandangan indah pun mulai terlihat.

Di sisi ujung pantai Walakiri, bertebaran pohon mangrove, ada yang besar dan banyak juga yang kecil.
Nah, yang unik adalah mangrove yang masih kecil, karena rantingnya masih kecil-kecil dan daunnya belum terlalu rimbun. Rantingnya pun tumbuh tidak lurus, tapi meliuk-liuk. Seakan-akan pohon-pohon mangrove ini sedang menari. Saat sunset ini adalah saat yang bagus untuk berfoto dengan latar belakang siluet mangrove.

 open trip smba

Tidak terasa ini sudah 4 hari kami di tanah sumba. Ini merupakan hari terakhir kami menjelajahi sumba.

Oke tiket pesawat kita masih jam 14.05 wita.

Pagi buta kita menuju bukit persaudaraan untuk menghangatkan badan. Katanya matahari pagi baik untuk kulit. Nah matahari pagi di sumba bukan hanya baik untuk kulit saja, tapi baik untuk mata juga xixixixixixi…

Setelah makan pagi dan check out hotel, kami menyempatkan diri mengunjungi savana purukambera. Savana ini sangat unik. Sebelah kiri berbatasan dengan tebing, sebelah kanan berbatasan dengan laut. Semua hewan ternak dilepas disini. Kuda, sapi, kerbau, kambing, mereka hidup bebas. Yang saya heran, pemiliknya bisa tau gak ya ternaknya yang mana, soalnya banyak banget hewan disini xixixixixixi…

explore sumba

Next kita menuju bandara, tapi setidaknya kita harus mampir beli oleh-oleh khas sumba dong, yaitu kain tenun khas sumba. Ingat sesuaikan kondisi dompet kalian jika ingin membeli kain tenun. Harga berkisar 200.000 - jutaan rupiah.

 

Akomodasi

INCLUDE

  • ANTAR JEMPUT BANDARA
  • TRANSPORTASI AC (1 mobil max 6 peserta)
  • MAKAN PAGI 3X (include dari hotel)
  • MAKAN SIANG 3X (box)
  • MAKAN MALAM 3X (lokal resto)
  • HOTEL AC 3 MALAM
  • TIKET WISATA (wni)
  • P3K STANDARD
  • GUIDE
  • DOKUMENTASI

EXCLUDE

  • TIKET PESAWAT
  • UPGRADE FASILITAS
  • KETERLAMBATAN PESAWAT
  • KETERLAMBATAN PESERTA
  • OBAT – OBATAN PRIBADI
  • TIPS

KEPERLUAN PRIBADI YANG DIBAWA SECUKUPNYA

  • PAKAIAN GANTI
  • JAKET
  • PERLENGKAPAN MANDI
  • SEPATU TREKING
  • SANDAL
  • KACAMATA HITAM
  • SUN BLOCK
  • TOPI
  • SNACK
  • TAS DAYPACK
  • FLASH DISK (minimal 32 GB)
Itenary

JADWAL KEGIATAN 4D3N

HARI PERTAMA

11.30-12.00 : Meeting Point Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya

12.00-13.30 : Check in hotel dan makan siang

13.30-14.30 : Perjalanan menuju Kampung Adat Ratenggaro (perjalanan 1 jam)

14.30-15.30 : Acara bebas di Kampung Adat dan Pantai Ratenggaro

15.30-16.30 : Perjalanan ke Pantai Mbawana (perjalanan 1 jam)

16.30-18.00 : Kegiatan bebas di Pantai Mbawana dan hunting sunset

18.00-20.00 : Perjalanan kembali ke hotel dan makan malam di lokal resto (perjalanan 2 jam)

22.00 : Istirahat 

HARI KEDUA

07.00-08.00 : Makan pagi dan check out hotel

08.00-09.30 : Perjalanan menuju Weekuri Lagoon dan mampir berfoto sebentar di Pantai Mandorak (perjalanan 1,5 jam)

09.30-11.00 : Kegiatan bebas di Weekuri Lagoon

11.00-13.30 : Perjalanan menuju Kampung Adat Prai Ijing (perjalanan 2,5 jam)

13.30-14.00 : Kegiatan Bebas Di Kampung Adat Prai Ijing

14.00-14.45 : Perjalanan menuju Air Terjun Tanggedu (perjalanan 45 menit)

14.45-17.00 : Makan Siang dan kegiatan bebas di Air Terjun Tanggedu

17.00-20.00 : Perjalanan menuju Sumba Timur (perjalanan 3 jam)

20.00 : Perjalanan menuju Sumba Timur (perjalanan 3 jam)

HARI KETIGA

07.00-08.00 : Makan pagi

08.00-08.45 : Perjalanan menuju Bukit Wairinding (perjalanan 45 menit)

08.45-09.45 : Kegiatan bebas di Bukit Wairinding

10.00-12.30 : Perjalanan menuju Pantai Tarimbang (perjalanan 2,5 jam)

12.30-14.00 : Kegiatan bebas di Pantai Tarimbang

14.00-17.00 : Perjalanan menuju Pantai Walakiri (perjalanan 3 jam)

17.00-18.30 : Hunting sunset di Pantai Walakiri

20.00 : Makan malam, istirahat

HARI KEEMPAT

04.30-05.30 : Perjalanan menuju Savana Purukambera (perjalanan 1 jam)

05.30-07.00 : Hunting sunrise dan kegiatan safari di Savana Purukambera

07.00-07.30 : Perjalanan menuju Bukit Persaudaraan (perjalanan 1 jam)

07.30-08.00 : Kegiatan bebas di Bukit Persaudaraan

08.00 : Makan pagi

10.00 : Check out hotel, belanja oleh-oleh, dan menuju ke bandara

10.40 : Tiba di Bandara Waingapu, trip selesai, dan sampai jumpa di trip selanjutnya

 

SARAN PENERBANGAN

START BANDARA TAMBOLAKA (TMC) – SUMBA BARAT DAYA, MAXIMAL JAM 12:00 WITA

  • PESAWAT GARUDA 04:55 – 10:45 WITA

DENGAN RUTE JAKARTA TRANSIT KUPANG DAN LANJUT MENUJU TAMBOLAKA

  • PESAWAT LION AIR 04:30/05:40 – 11:45 WITA

DENGAN RUTE JAKARTA TRANSIT DENPASAR DAN LANJUT MENUJU TAMBOLAKA

 

FINISH BANDARA WAINGAPU (WGP) – SUMBATIMUR, JAM 11:40 WITA

  • PESAWAT WINGS AIR 11:40 – 13:15 WITA

DENGAN RUTE WAINGAPU MENUJU DENPASAR DAN LANJUT MENUJU KE KOTA ASAL

  • PESAWAT NAM AIR 12:40 – 13:40 WITA

DENGAN RUTE WAINGAPU MENUJU KUPANG DAN LANJUT MENUJU KOTA ASAL

Term & Condition

Harap Anda membaca dengan jelas sebelum mendaftarkan diri Anda, semua peserta yang mendaftar, kami anggap telah memahami syarat dan ketentuan yang tertera di bawah ini :

  • Apabila peserta cancel, uang yang sudah dibayarkan akan hangus
  • Apabila cancel dikarenakan cuaca buruk, uang yang sudah dibayarkan akan dikembalikan 90%
  • Apabila operator yang cancel, uang yang sudah dibayarkan akan di kembalikan 100%
  • Apabila peserta tidak memenuhi kuota, maka akan ada penyesuaian biaya (jika keberatan, uang kembali 100%)
  • Itenerary bersifat tidak mengikat, dapat berubah sewaktu waktu sesuai kondisi di lapangan
  • Harga dapat berubah sewaktu waktu sesuai kenaikan yang signifikan (kenaikan bbm, ketersediaan hotel, ketersediaan transportasi, kenaikan harga tiket)
  • Peserta wajib mengirim identitas diri (KTP/SIM) ke email/Whatsapp operator trip untuk pengurusan asuransi saat trip
  • Peserta wajib mengikuti peraturan yang telah dibuat operator
  • Peserta wajib mengikuti peraturan guide saat di lokasi trip
  • Jika peserta tidak mengikuti peraturan guide saat di lokasi trip, pihak operator tidak bertanggungjawab apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan
  • Bukti pembayaran transfer wajib dikirim via email atau whatsapp
  • Jika ingin mendapatkan bukti pembayaran dari operator, langsung menuju ke kantor yang ada di Jalan Raden Wijaya 34B, RT/RW 04/04 Sawo Tratap, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur
  • Tidak ada batasan untuk pembayaran booking, jika peserta sudah full, pendaftaran akan ditutup tanpa pemberitahuan.

 

 

Untuk Booking Seat Bisa DP 50% Bisa Full Payment

BCA 14-066-96-112

a.n ARIEF S

©2017 alamindonesia.co.id , developed by JP-Team.