Detil Trip

⇐ Back

EXPLORE NUSA PENIDA 3D2N

EXPLORE NUSA PENIDA 3HARI 2MALAM

Jika anda ingin liburan ke tempat yang lebih banyak petualangannya, untuk itu saya sarankan mengunjungi tempat wisata Nusa Penida, karena memiliki daya tarik wisata petualangan dan sangat mempesona.
Nusa penida adalah sebuah pulau bagian dari negara republik indonesia yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.
Yaitu, Ketiga pulau kecil yang ada di bagian tenggara pulau Bali, memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri dan ada perbedaan satu sama lain. Ketiga pulau masuk dalam wilayah pemerintahan kabupaten Klungkung, provinsi Bali.

Mungkin kalian masih penasaran, apa aja sih yang bisa kita explore NUSA PENIDA?

nusa penida adalah tempat yang menyuguhkan wisata berpetualang mulai dari yang extreme sampai wisata keluarga, di nusa penida kita juga bisa explore bawah lautnya seperti snorkeling dan diving.

Seberapa terkenalnya sih nusa penida?
Jangan salah, nusa penida ini adalah salah satu tempat dilangsungkannya foto Prewedding putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.
nusa penida juga sudah di kenal oleh wisatawan mancanegara, dan bahkan penginapan di nusa penida setiap minggunya bisa sampai 50 persen terisi semua.
Seperti melihat Bali 30 tahun yang silam. Selain tidak ada kemacetan, Nampak modernisasi pembangunan berjalan lambat.
Oh iya, kenalin kami dari team alam indonesia.
Kami ingin bercerita sedikit tentang nusa penida dan perjalanan kami selama explore nusa penida. Dengan kami mulai start jam 06.00 WITA dari pelabuhan sanur atau lebih dikenal sama penduduk bali, pantai matahari terbit.
Kami di pelabuhan sanur menunggu setengah jam untuk keberangkatan kapal fast boat menuju ke pelabuhan toyapakeh nusa penida, perjalanan kapal fast boat dari pelabuhan sanur menuju pelabuhan toyapakeh memakan waktu 45menit.
Sesampainya kami di pelabuhan toyapakeh kami langsung bertemu dengan team kami yang sudah menunggu di pelabuhan toyapakeh, langsung saja mempersingkat waktu kita pindah transportasi mobil yang sudah standby di pelabuhan. Kami langsung menuju pulau seribu di daerah pejukutan, nusa penida, kabupaten klungkung, bali.

explore nusa penida

Pulau seribu adalah tempat yang hampir sama dengan pulau karang yang ada di raja ampat, dan uniknya lagi di pulau seribu ini ada rumah pohon yang di sewakan untuk bermalam. Karena waktu yang kita habiskan untuk explore lokasi wisata pulau seribu lumayan lama, kita langsung menuju ke pantai atuh.
Pantai atuh merupakan pantai tersembunyi,  pantai atuh berada di sebuah teluk dengan pasir putih bersih, air laut berwarna biru dan sangat jernih. Di sebelah kiri pantai terdapat sebuah tebing batu yang diberi nama tanjung juntil. Sedangkan di sebelah kanan pantai terdapat tebing batu labuan ampuak.
Dari tebing pantai atuh juga akan terlihat pulau-pulau kecil. Pulau (tebing batu) yang terbesar bernama nusa batu padasan, di belakang nusa batu padasan terdapat nusa batu abah, disisi kanan terdapat nusa batu mategan.
Sebelum menuju ke pasir putih pantai atuh kita akan menuruni bukit dengan berjalan kaki dan butuh stamina extra untuk menuruni bukit menuju pasir putih pantai atuh, lumayan curam jalan menuju pasir putih pantai atuh hampir 90derajat kemiringannya, tetapi jangan khawatir sudah di sediakan tangga terbuat dari beton untuk akses menuju pantai pasir putih atuh. di sekitaran pasir putih pantai atuh warga sekitar sudah banyak yang berjualan, disana pula kita bisa menikmati kelapa muda segar, warung tersebut juga menyediakan tempat duduk untuk bersantai menikmati pesona kecantikan pantai atuh.
karena terlalu menikmati suasana yang jarang sekali kita temui di perkotaan tidak terasa hari mulai gelap, kita mulai beranjak menuju penginapan untuk beristirahat mengisi tenaga yang sudah habis terkuras, explore satu hari di pulau seribu dan pantai atuh memang luar biasa Dan mengesankan.

Keesokan harinya, hari kedua kita explore nusa penida, kita bangun pagi untuk bersiap-siap explore laut di nusa penida.
Beberapa dari spot snorkeling terbaik di bali berada diantara tiga pulau di nusa penida.
Spot snorkeling pertama yang kami kunjungi yaitu spot snorkeling manta point (ikan pari manta). Disini kalian pasti akan mendapatkan pengalaman langka bisa berenang bersama ikan pari manta.

explore nusa penida

Ikan pari manta adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya bisa mencapai hampir 7meter. Bobot terberat manta sendiri yang pernah di ukur mencapai 3 ton, ikan pari manta akan menunjukkan perilaku bersahabat dengan para penyelam, Terbayang kan bisa berenang bersama mereka di habitat aslinya.
Dan saya sarankan untuk tidak terlalu dekat dan berkontak fisik dengan ikan pari manta, karena akan mengganggu keberadaan mereka, mereka akan pergi dari habitatnya bila terancam.

Spot snorkeling berikutnya spot snorkeling crystal bay. Yaitu spot yang dimana kita akan menemukan biota laut seperti terumbu karang, trumpet fish, jackfish, angel fish, sweet lips, tuna, moorish idols, ikan nemo dan biota laut lainnya. Kalian akan merasakan sensasi berenang bersama biota laut crystal bay.

explore nusa penida

Lanjut ke spot berikutnya budha temple point, budha temple nusa penida adalah spot snorkeling yang menyuguhkan spot patung budha, patung tersebut di tanam di bawah laut untuk spot snorkeling, patung yang di tanam lama itu pun sekarang di tumbuhi terumbu karang sebagai rumah ikan ikan kecil, Spot wajib di kunjungi wisatawan. Selesai kita explore budha temple point, kita lanjut lagi ke spot berikutnya.

Spot snorkeling GT POINT(giant trevally) ikan pemakan daging yang bersahabat dengan penyelam, pasti seru bila kalian dan teman teman kalian berenang bareng ikan giant trevally, tempat berbahaya yang bersahabat, ya nggak?

setelah kita explore laut dengan spot-spot snorkeling yang keren abis, dan tak terasa kita sudah menghabiskan waktu yang panjang seharian penuh, Kita menuju ke penginapan untuk beristirahat. Kita simpan tenaga untuk besok explore nusa penida bagian barat.

Pagi mulai menjalang, hari ketiga kita di nusa penida kita lanjut dengan explore darat menuju nusa penida bagian barat dan selatan, lokasi pertama kita Angels Billabong, terletak di desa Sakti, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten klungkung, Provinsi Bali.
salah satu lokasi wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida.

explore nusa penida
Angels Billabong saat ini bisa dikatakan maskot Pulau Nusa Penida, Angels Billabong sendiri merupakan tempat berupa muara aliran sebuah sungai di Nusa Penida sebelum alirannya menuju laut lepas, angels billabong mempunyai keunikan, Jika diperhatikan kolam yang mempunyai air yang sangat jernih ini terlihat dasar sungainya terdapat seperti cerukan yang membentuk kolam renang alami. Kita lanjut lagi ke lokasi berikutnya yaitu broken beach, yang berlokasi tidak jauh dari angels billabong, untuk menuju kesana kita lakukan tracking 100meter dari lokasi angels billabong.

Broken beach adalah sebuah tempat yang sangat populer bernama Pasih Uug dan turis menyebutnya Broken Beach.
Pasih Uug sendiri terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, kabupaten klungkung, Provinsi Bali.
Pasih Uug sendiri jika di dalam bahasa Bali bisa diartikan dengan ”Pantai Yang Rusak“ Pantai yang di kenal dengan nama broken beach merupakan tebing setinggi 50-80 meter ini ditengahnya ada lubang seperti terowongan.
dua tempat yang sangat unik bukan?

Selesai kita explore dua tempat yang eksotis ini Kita lanjutkan perjalanan menuju klingking cliff (tebing klingking) sebelum kita ke tempat tersebut kita harus melakukan perjalan 45menit dengan menaiki transportasi mobil. Sesampainya di sana kita makan siang sebelum explore tebing klingking, karena kita sudah menghabiskan waktu setengah hari untuk explore angels billabong dan broken beach, dua tempat yang exotis dan unik, kita pasti butuh asupan tenaga.

explore nusa penida
Tebing klingking adalah lekukan tebing karang unik yang mirip leher Tyrannosaurus Rex (T-Rex) yang menjorok ke pantai. Tebing yang berpadu sempurna dengan karang kecil, sehingga membentuk pemandangan yang memukau. Saya sarankan Saat berfoto di tebing, kamu harus berhati-hati karena tidak ada penghalang atau pengaman. Masyarakat sekitar menamai tempat tersebut Tebing Paluang atau Pantai Karang Dawa. Keindahan tebing di Pantai Klingking semakin menyatu sempurna dengan jernihnya air laut yang terlihat biru berkilau dengan pasir putihnya.

selesai kita menikmati pesona tebing pantai klingking, kita lanjutkan perjalanan lagi ke pantai crystal bay. Sebelum kita menuju kesana kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 30menit dengan menaiki transportasi mobil.

Pantai crystal bay tempat dimana kita bisa bersantai menikmati desiran pasir dan ombak laut, pantai ini spot snorkeling crystal bay spot snorkeling yang kita kunjungi waktu explore laut nusa penida, tempat yang indah untuk menghabiskan waktu seharian.
Cukup untuk kita menghabiskan waktu explore darat seharian, kita waktunya pulang, sebelum kita pulang menuju pelabuhan toyapakeh, kita menempuh perjalanan 15menit dari pantai crystal bay...
Dari pelabuhan toyapakeh kita menaiki fastboat menuju pelabuhan sanur untuk mengakhiri perjalan explore kita di nusa penida.

©2017 alamindonesia.co.id , developed by JP-Team.